Launching Buku Resep Mujarab Lihai Mendongeng, Hanum Publisher Gelar Pelatihan Mendongeng

Kak Erwin (kiri) saat memandu salah seorang peserta pelatihan pada sesi praktik mendongeng.
Penerbithanum.com | Lebih dari 40 guru PAUD, juga guru TK dan SD di Kabupaten Grobogan mengikuti Pelatihan Mendongeng bertema Membentuk Akhlak Anak Melalui Cerita yang diadakan penerbit Hanum Publisher bekerja sama dengan Mumtaz Training Centre (MTC). Pelatihan digelar di aula Rumah Kedelai Grobogan (RKG) Jalan Raya Purwodadi-Solo KM. 5 pada Minggu (5/8/2018). Pelatihan menghadirkan Erwin Nur Setyo Pambudi atau yang akrab disapa Kak Erwin, pendongeng yang sekaligus penulis buku yang di-launching.

Menurut Direktur Hanum Publisher, Badiatul Muchlisin Asti, pelatihan diadakan dalam rangka launching buku edisi revisi karya Kak Erwin yang berjudul Resep Mujarab Lihai Mendongeng: Membentuk Akhlak Anak Melalui Cerita. Buku itu cetakan pertama pada September 2017 dan cetakan kedua atau edisi revisi pada bulan Agustus 2018.

Launching dikemas dalam sebuah acara pelatihan dalam rangka mendorong bangkitnya kembali tradisi mendongeng di kalangan orangtua, terlebih-lebih di kalangan guru satuan PAUD, TK, dan SD. Karena mendongeng merupakan cara yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai akhlak dan budi pekerti kepada anak.

Para peserta bersemangat mengikuti pelatihan mendongeng yang dipandu Kak Erwin.
Masih menurut Badiatul Muchlisin Asti, bila para guru tahu dan menguasai tekniknya, setidaknya meliputi intonasi suara, artikulasi, ekspresi, dan gesture, mendongeng akan menjadi sarana pendidikan akhlak yang sangat efektif karena anak-anak secara fitrah menyukai dongeng. Apalagi bila diceritakan secara memikat. Di samping manfaat mendongeng sebagai sarana membangunan kedekatan psikologis dan kehangatan hubungan kasih sayang dengan anak.

Oleh karena itu, pihaknya berharap, pelatihan mendongeng bisa mendorong para guru menguasai teknik mendongeng yang baik dan memikat, sehingga tradisi mendongeng akan kembali bangkit sebagai salah satu metode edukasi terhadap anak-anak yang merupakan calon generasi bangsa di masa depan.

Dalam pelatihan tersebut, Kak Erwin berbagi pengalaman tentang seluk beluk mendongeng. Kak Erwin berbagi pengalaman sejak apa saja cerita positif yang harus disampaikan kepada anak, juga bagaimana teknik menyusun cerita anak secara cepat dan mudah melalui metode tertentu, serta bagaimana teknik mendongeng yang baik kepada anak. Selain memberikan contoh mendongeng yang baik, beberapa peserta juga diajak untuk praktik mendongeng. 

CV. Hanum Publisher
CV. Hanum Publisher Penerbit buku dengan tagline "Menerbitkan Buku, Mengabadikan Gagasan"